Jumat, 16 November 2012

Cara Memilih Ban Offroad



Sering kita salah kaprah dalam memilih ban offroad, tidak sesuai dengan kebutuhannya. banyak yang berfikir makin besar ban pasti bisa melalui trek extrim, tidak memikirkan tenaga dari mesin sampai rasio final gear karena setiap kendaraan berbeda.

kita harus menghitung ulang dari mesin, transmisi, transfercase dan final gearnya karena sangat menentukan dalam kita memilih ban untuk offroad.

Ada sedikit tips untuk memilih ban yang sesuai dengan kendaraan anda:

1. Untuk suzuki Jimny standart belum dimodif ukuran ban yg cocok dan enak buat offroad 29"x15" jika lebih besar tenaga mesin ngedrop dan resiko as roda putus karena as roda jimny rentan.

2. Untuk Jimny modif'an engine swap un2500cc sampai final gear 4,....- 5,.... maksimal ban yg digunakan 32"

3. Untuk Willys mesin standart/engine swap un2500cc final gear 4,8 - 5,3 maks ban 32"x15"

4. Untuk CJ7/FJ40 atau up2500cc standart, ban yg digunakan 32"x15", modif'an up2500cc maksimal 35".

ada beberapa jenis ban offroad yang sudah disediakan pihak produsen seperti M/T atau Mud Terrain, diperuntukan bagi mobil offroad. Bisa dideteksi dari kembangannya yang sangat kasar dan got dalam.

A/T All Terrain tentu ban ini bisa untuk segala medan, tapi bukan untuk lumpur dalam kategori berat, Kalau sekedar jalan tanah dengan profil keras, berkerikil maupun jalan becek dan sedikit berlumpur atau lapangan rumput, masih oke.

Ban ini tentunya memiliki performa yang lebih baik ketimbang ban tipe M/T saat digunakan di aspal, suara bising dan getarannya lebih kecil. Begitu juga dengan kemampuan pengereman dan kemampuannya berjalan di atas genangan air hujan, dipastikan jauh lebih baik.

Sedang H/T Highway Terrain buat yang lebih banyak berjalan di aspal saja  ReadMore>>